Minggu, 28 September 2014

Biodata Bung Tomo

Bung Tomo lahir di desa Blauran, Surabaya, Jawa Timur tanggal 3 Oktober 1920. Wafat di Makkas, Arab Saudi tanggal 7 Oktober 1981. Ayahnya adalah Kartawan Tjiptowidjojo yang berasal dari keluarga sederhana yang pernah bekerja sebagai asisten di kantor pajak pemerintah, dan pegawai rendahan di perusahaan ekspor impor Belanda. Ibunya berdarah Jawa Tengah, Sunda, dan Madura. Bung Tomo pernah mengecap pendidikan di MULO, HBS, dan berabung dengan KBI.
 Sejarah Perjuangan Bung Tomo
Ketika berita Proklamasi Kemerdekaan pertama kali diketahui oleh Bung Tomo, ia kemudian membuat pengumuman yang ditempel di depan kantor berita Domei dan bisa dibaca oleh rakyat. Pasca menerima berita proklamasi, dengan segera di Surabaya diadakan peralihan pemerintahan dan perebutan senjata dari Jepang. Bung Tomo tururt serta dalam perundingan dengan pihak Jepang dalma rangka mendapatkan persenjataan dari Jepang.
Ia kemudian membentuk BPRI (Barisan Pemberontakan Rakyat Indonesia) yang bertujuan menampung para rakyat untuk bersiap menghadapi datangnya Pasukan Inggris dan NICA. Pembentukan BPRI ini berawal dari rasa kecewa Bung Tomo ketika melihat kondisi Ibukota Jakarta, dimana orang-orang Belanda maupun Sekutu bebas berkeliaran di jalanan Ibukota.
BPRI mempunyai senjata ampuh dalam menggerakkan massa, yaitu Radio Pemberontakan. Dan Radio inilah yang membuat Bung Tomo menjadi sangat terkenal. Pidato Bung Tomo di Radio Pemberontakan ini telah berhasil memberikan semangat kepada rakyat untuk terus berjuang mempertahankan kemerdekaan di Surabaya. Radio ini pula yang berhasih menjalin komunikasi antar laskar pejuang pada saat itu.

                Pahlawan Nasional Bung Tomo dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 10 November 2008, setelah Gerakan Pemuda Anshor (GP Anshor) dan Fraksi Partai Golkar mendesak pemerintahan pada 9 November 2007. Keputusan ini disampaikan oleh Muhammad Nuh, selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Bersatu, pada tanggal 2 November 2008 di Jakarta. Maka secara resmi Bung Tomo adalah Pahlawan Nasional. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar