Senin, 16 Maret 2015

Ilmuwan Ungkap Fenomena Cahaya Gempa Bumi

      Cahaya gempa bumi adalah salah satu fenomea langka yang bercahaya terlihat dilangit sebelum maupun selama terjadinya aktifitas seismik atau letusan gunung berapi yang kemungkinan terjadi di daerah retakan. Cahaya gempa juga sering disebut sebagai cahaya tanah yang bisa terlihat dalam berbagai bentuk, salah satunya bola bersinar yang terbang di angkasa.

      Selama bertahun-tahun ilmuwan menganggap bahwa cahaya gempa bumi tidak ada sama sekali. fenomena ini sering muncul di langit selama gempa bahkan sebelum gempa, warnanya terkadang terlihat putih atau kebiruan, terkadang seperti aurora yang berada diatas daerah gempa, dimana semua ini berlangsung dalam hitungan detik hingga menit (tidak pernah lama).

gempa bumi, cahaya gempa

Para ilmuwan masih belum mengetahui persis bagaimana dan mengapa cahaya misterius itu muncul, salah satu teori menyatakan bahwa cahaya gempa bumi berasal dari gesekan yang tercipta akibat gerakan tektonik mengandung kuarsa. Sementara pendapat lain menyatakan bahwa cahaya berasal dari gangguan medan ionosfer atau medan magnet. Dan tidak semua teori itu bisa diterima, dengan kata lain bahwa cahaya gempa masih menjadi misteri. Tetapi kini tim ilmuwan yang dipimpin Dr Theriault telah berhasil memecahkan misteri tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar