Senin, 16 Maret 2015

Perkembangan Bahasa Indo-Eropa

Hipotesis ini merupakan salah satu makalah akademis pertama berbasis kuantitatif dalam mendukung hipotesa stepa. Sekaligus sebagai hipotesis pertama yang menggunakan model yang diambil dari kendala keturunan yang berdampak langsung untuk menemukan hubungan antar bahasa sebelumnya. Dimasa depan, metode penelitian ini dapat digunakan untuk mempelajari asal usul keluarga bahasa lain, seperti Afro Asia dan Sino Tibet.
Kurgan hypothesis, bahasa indo-eropa
Dan saat ini, studi baru telah menyumbang informasi lebih lanjut tentang kapan dan kemungkinan bahasa Indo-Eropa digunakan. Menurut para ahli bahasa dari Universitas California, Barkeley, dimana analisa mereka menggunakan data dari lebih 150 bahasa, bukti bahasa nenek moyang berasal dari sekitar 5500 hingga 6500 tahun yang lalu. Asal bahasa Indo-Eropa diketahui dari padang Pontic Kaspia yang membentang dari Moldova dan ukraina, ke Rusia dan Kazakhtan Barat.
Setidaknya, analisa ini memberi dukungan baru untuk hipotesis stepa dan hipotesis Kurgan yang menyatakan bahwa bahasa Indo-Eropa pertama telah menyebar dengan perkembangan budaya diwilayah peternakan sekitar tahun 4500 hingga 3500 SM. Sementara teori lain juga menyebutkan bahwa bahasa Indo-Erope pertama menyebar sekitar tahun 7500 hingga 6000 SM diwilayah Anatolia, Turki saat ini.

Ahli bahasa telah meneliti lebih dari 200 set kata-kata yang bertahan dan menghilang dari bahasa Indo-Eropa. Mereka menentukan seberapa cepat kosa kata berubah dari waktu ke waktu melalui pemodelan statistic. Sehingga menyimpulkan bahwa tingkat perubahan menunjukkan bahwa bahasa yang pertama kali digunakan dan sejak kapan mulai menyimpang, hal ini terjadi sekitar 6500 tahun yang lalu, sesuai dengan hipotesis stepa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar